28 March 20200 Komentar | Dilihat : 351 kali
Ditulis oleh Admin Kec. Plumpang
AKP Budi Friyanto SH memberikan sosialisasi pencegahan virus corona (covid-19)

plumpang.tubankab.go.id -  Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19 Kecamatan Plumpang tak lelah dalam memerangi virus corona yang mewabah. Dengan menggunakan mobil dinas Kecamatan dan mobil patroli Polsek Plumpang setiap hari selalu berkeliling untuk mensosialisasikan hidup sehat dan menjaga kebersihan agar terhindar dari virus corona.

Dengan Komando langsung Kapolsek Plumpang AKP Budi Friyanto SH, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19 Kecamatan Plumpang yang terdiri dari Kepolisian, TNI dan Satpol PP  malam ini Sabtu (28/03) melaksanakan sosialisasi social distancing pencegahan penanganan Covid-19 berkeliling ke desa-desa dengan sasaran warkop  hingga tempat nongkrong warga.

Dikonfirmasi plumpang.tubankab.go.id  melalui telpon,  AKP Budi Friyanto SH  menjelaskan, meminta pada seluruh masyarakat untuk tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri. Sesuai maklumat Kapolri Nomor Mak/2/III/2020 pada tanggal 19 Maret 2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19).

" Walau hanya sekedar ngopi di warkop, duduk-duduk, nongkrong-nongkrong di persimpangan dan sebagainya ini bahaya. Penyebaran virus COVID-19 sudah sangat berkembang, Apabila ada keperluan mendesak dan tidak dapat dihindari yang melibatkan banyak massa, agar dilaksanakan sesuai dengan protokol pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19," jelas Budi Friyanto melalui telpon

7 (tujuh) maklumat Kapolri antara lain :

1.    Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di tempat umum ataupun lingkungan sendiri.

a.    Pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan lain sebagainya.

b.    Kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan reseptionis keluarga.

c.     Kegiatan olahraga, kesenian dan jasa hiburan.

d.    Unjukrasa, pawai dan karnaval serta kegiatan lain yang menyebabkan berkumpulnya orang banyak.

2.    Masyarakat juga diminta tetap tenang dan jangan panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing.

3.    Apalagi dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari kegiatan yang melibatkan banyak orang maka wajib mengikuti prosedur pemerintah.

4.    Tidak melakukan pembelian atau menimbun kebutuhan bahan pokok secara berlebihan.

5.    Tidak terpengaruh dan menyebarkan berita yang sumbernya tidak jelas dan dapat meresahkan masyarakat.

6.    Apalagi ada informasi yang sumbernya tidak jelas dapat menghubungi pihak kepolisian.

7.    Apalagi ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sosialisasi tersebut selain memperkenalkan apa itu virus corona kepada masyarakat, juga bagaimana upaya pencegahan dari masyarakat. Supaya wabah virus corona atau covid-19 tidak meluas di wilayah Kecamatan Plumpang. Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah menjaga kebersihan lingkungan, dan menjaga kebersihan diri sendiri melaui cuci tangan dengan baik dan benar sebagai pencegahan. Bukan hanya virus Corona tetapi juga terhadap virus-virus lain yang berbahaya. Sebab virus lebih mudah menyerang masyarakat karena dari masyarakatnya sendiri tidak melakukan gaya hidup sehat dan menjaaga kebersihan.  (sys jp/dintis)

Kategori
comments powered by Disqus