25 July 20190 Komentar | Dilihat : 304 kali
Ditulis oleh Admin Kec. Plumpang

plumpang.tubankab.go.id - Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) gencar menggalakkan Program pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada seluruh OPD hingga sampai pada level Pemerintah Desa. Semangat yang mendasari pelaksanaan program ini adalah membuka informasi dan komunikasi lebih luas serta mempermudah pelayanan tehadap masyarakat. Dalam hal ini Kecamatan Plumpang menggandeng Diskominfo Kabupaten Tuban menggelar Pelatihan terhadap Pengelola Website Desa se-Kecamatan Plumpang, Kamis (25/7/2019) di Pendopo Sasana Bhakti Praja.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Camat Plumpang Saefiyudin, S.STP. M.AP. Hadir sebagai pemateri Agus Heru Purnomo, SP. Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Widyi Utomo Staf Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tuban dan diikuti seluruh operator website desa se-Kecamatan Plumpang.

Pelatihan ini diutamakan bagi operator website desa agar dinilai perkembangan update data dan informasi kegiatan dalam subdomain website desa bisa dioptimalkan dan mencapai target.

“Keberadaan website desa sangat berkepentingan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi. Maka, dengan melakukan pelatihan pengelolaan website diharapkan akan menghadirkan operator yang mampu mengisi, mengupdate data maupun berita agar informasi bahkan pelayanan terhadap masyarakat berjalan dengan lancar”, jelas Camat Saefiyudin, S.STP. M.AP di pembukaan acara.

Dalam kesempatan tersebut Agus Heru Purnomo, SP. Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Teknologi Informasi DISKOMINFO Tuban juga memaparkan bahwa program pengelolaan website desa ini sebagai program dalam meningkatkan pembangunan dan transparansi informasi bagi pemerintah desa yang terintegrasi pada aplikasi Pengaduan Masyarakat Taprose Temanku dan Tuban Smart City.

‘Sesuai arahan dari bupati, website desa ini pengolaannya harus bisa optimal karena sebagai media untuk bersosialisasi dan transparansi semua informasi yang menyangkut perkembangan pembangunan desa”, lanjutnya.

Sementara itu Widyi Utomo Staf Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tuban menyampaikan untuk operator website dinilai dalam perkembangan update data dan informasi kegiatan belum mencapai target. Dia juga mengupas banyak teknik pengelolaannya, dari mulai update foto kegiatan, desain halaman muka website hingga sampai pada penulisan berita.

“Selain itu untuk update data kependudukan segera bisa dikoordinasikan dengan DISKOMINFO, karena ini nanti akan terintegrasi dengan aplikasi lain di”, terangnya.

Kategori
comments powered by Disqus