29 September 20190 Komentar | Dilihat : 605 kali
Ditulis oleh Admin Kec. Plumpang
Camat Plumpang, Saefiyudin, S.STP.M.AP, melaksanakan Peninjauan Langsung Tanggul Bengawan Solo

plumpang.tubankab.go.id - Camat Plumpang, Saefiyudin, S.STP.M.AP, melaksanakan Peninjauan Langsung Tanggul Bengawan Solo yang di informasikan  mengalami penurunan, Jum’at (27/9). Lokasi peninjauan tanggul bengawan solo berada di perbatasan Desa Kedungrojo dan Desa Sembungrejo. Kondisi tanggul tepatnya di dusun Sepatgaleh tersebut pada musim kemarau panjang telah mengalami keretakan kurang lebih sepanjang 70 meter dengan kedalaman 60 centimeter.

Camat Plumpang didampingi perangkat desa sembungrejo menjelaskan,  dugaan sementara tanggul sungai Bengawan Solo  mengalami penurunan dikarenakan berkurangnya debet air akibat kemarau panjang. Keadaan tanggul yang meresahkan masyarakat terebut sebenarnya di tahun 2018 sudah dibangun penanganan darurat oleh BBWS Bojonegoro.

Ia berharap keretakan tanggul di wilayah Desa Sembungrejo yang terjadi hampir ditiap tahun ada penanganan yang komprehensif dari pihak BBWS Bojonegoro dikarenakan  lokasi tersebut sangat rawan terjadi rengkahan.

Dugaan sementara tanggul penahan air tersebut, mengalami penurunan akibat dasar tanggul tergerus arus air yang mengalami pasang surut.

“lokasi ini rawan, karena arus air saat musim penghujan langsung menuju lokasi tanggul. Setelah debet air kecil efeknya terjadi penurunan tanah. Untuk itu wilayah ini perlu penanganan lebih serius, dan segera akan kita koordinasikan”, ungkapnya

Keadaan tanggul bengawan solo yang diketahui mengalami penurunan tersebut langsung dikoordinasikan dengan BPBD Kabupaten Tuban dan BBWS Bojonegoro. Sabtu (28/9/2019) telah di mulai pengerjaannya. Terpantau di lokasi lima orang OP 2  Balai Besar Wiayah Sungai Bojonegoro mulai meratakan rengkahan dengan penambahan tanah uruk.

Penambahan tanah uruk dengan memasukkan tanah baru pada rengkahan tanggul yang dikirim oleh BBWS diharapkan mampu untuk memperkuat tanggul dalam menghadapi musim penghujan mendatang. (sys jp)

Kategori
comments powered by Disqus