9 February 20190 Komentar | Dilihat : 305 kali
Ditulis oleh Admin Kec. Plumpang

plumpang.tubankab.go.id - Penyelenggaraan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) merupakan salah satu wujud upaya gerakan pramuka yang berketrampilan dan berkemampuan sebagai Pembina Gerakan Pramuka, dalam mempersiapkan generasi muda menjadi generasi yang berwatak, bermoral dan memiliki budi pakerti yang luhur. Demikian disampaikan Kak Sulistyadi, MM Ketua Kwarcab Tuban, dalam sambutannya ketika membuka acara KML, kemarin Sabtu (9/2/2019) yang dilaksanakan di Balai Desa Semberagung – Plumpang.

Kegiatan KML se Kabupaten Tuban tersebut di motori Pusdiklatcab Tuban dan sebagai pelaksana Kwaran Plumpang . Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Plumpang, Saefiyudin S.STP. M. AP., juga dari Mabiran, Kwartir Cabang, Pamongsaka, Kepala Desa Sumberagung dan peserta sebanyak 29. Rencana KML akan dilangsungkan tanggal 9 sd 14 Pebruari 2019 dengan pelaksanaan materi di SMPN 1 Plumpang.

“Menyikapi masuknya kepramukaan ke dalam kurikulum sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, pemahaman mengenai metode kepramukaan bagi para Pembina pramuka harus diperkuat lagi. Karena itu, para Pembina, tidak hanya sekedar hadir mengikuti KML saja, tapi sesudahnya dapat dan mampu mengembangkan metode kepramukaan pada anak didik, maksimal menghasilkan pramuka garuda dan minimal peserta didik memahami wawasan tentang kepramukaan”, jelas Kak Sulistyadi.

Dalam kesempatan itu Saefiyudin S.STP. M.AP., menyampaikan Sistem Pendidikan dalam kepramukaan sejauh ini memberikan kontribusi positif dalam pembangunan bangsa dan Negara, karena ikut dalam meningkatkan pertumbuhan watak serta kepribadian anak didik. Dengan kegiatan pramuka diharapkan anak didik lebih siap dalam bermasyarakat, menumbuhkan rasa kearifan lokal dalam bermasyarakat yakni budaya gotong royong.

“Dengan terselenggaranya KML, harapan mampu untuk mencetak Pembina Pramuka yang tangguh. Karena sebagai ujung tombak dalam pendidikan kepramukaan harus dapat menjadi teladan dan idola bagi peserta didiknya, sebagai upaya peningkatan kualitas diri dan mampu memotivasi diri dan menjadikan wadah pengendalian diri dari pengaruh negative agar generasi bangsa tumbuh cemerlang”, ungkap Irpan Ketua Kwaran Plumpang.

Sementara itu ketua panita penyelenggara Subekti Wahono mengungkapkan dengan terselenggaranya KML ini, kakak Pembina memiliki tanggungjawab yang besar dan benar-benar mengabdi serta memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap kondisi generasi muda.

Kategori
comments powered by Disqus